hub dasar negara dan TFT

 

 

12 nilai pancasila

 

Pengertian Nilai

Ada berbagai pengertian yang bervariasi, namun semua maknanya berpengaruh pada aktivitas sehari-hari. Nilai lebih mudah diartikan sebagai gagasan yang enak dan indah pada kehidupan seseorang. Hanya dari nilai saja Anda sudah mampu mengenal karakter orang lain. Agar mampu mengenal lebih jauh tentang nilai, dan umumnya banyak orang menyampaikan kepada orang lain yang tidak sesuai dengan nilai Pancasila.

Banyak orang berpendapat ahwa seseorang bahkan bertentangan dan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila bahkan mereka menyetempel dan menganggap orang lain tidak melaksanakan Nilai-nilai Pancasila bahkan orang bilang sekarang nilai-nilai Pancasila sudah luntur dalam kehidupan generasi apakah mereka tahu ada berapakah sebenarnya nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila. Kebanyakan orang hanya tahu dan hafal ada lima Sila di dalam Pancasila.

Perlu saya sampaikan bahwa saya fahami dan belajar selama ini ternyata didalam Pancasila terdapat 12 nilai yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai luhur adat, bahkan 12 nilai-nilai Pancasila hasil dari dan saripati nilai-nilai luhur adat dan nilai-nilai luhur agama. Adapun 12 nilai Pancasila tersebut sebagai berikut:

 1. KETUHANAN

 2. KEMANUSIAAN

 3. KEADILAN

 4. KEADABAN

  5. PERSATUAN

  6. KERAKYATAN

  7. KEPEMIMPINAN

  8. KEHIKMATAN

  9. KEBIJAKSANAAN

10. MUSYWARAH

11. KETERWAKILAN

12. KEADILAN SOSIAL

 

Di dalam 12 nilai diatas ada yang perlu kita cermati bersama dan belajar bersama yaitu nilai ke-3 Keadilan dan nilai ke-12 keadilan sosial, apa bedanya keadilan dengan keadilan sosial, silahkan renungkan dan fikirkan bersama. nanti ada waktu dan kesempatan yang akan saya sampaikan lebih detail, Terima kasih.