cover depanbuku p2np2

manusia gif

Skema P2NP 

Dalam artikel ini perlu sedikit saya jelaskan tentang asal musabab ada dan munculnya ide dan gagasan sebuah Pedoman Penanaman Nilai-Nilai Pancasila itu muncul.

Dapat kita fahami bersama Makna kalimat Penanaman sbb:

Penanaman adalah proses, cara, perbuatan menanam, menanami, atau cara menanamkan. Penanaman yang dimaksud merupakan suatu cara atau proses untuk menanamkan suatu perbuatan sehingga apa yang diinginkan untuk ditanamkan dalam diri seseorang.

Metode penanaman nilai akhlaqul karimah atau yang sering disebut metode mengajar akhlak menurut Chabib Thoha adalah suatu cara menyampaikan materi pendidikan akhlak dari seorang guru siswa dengan memilih satu atau beberapa metode mengajar sesuai dengan topik pokok bahasan. 23 Dari Chabib Thoha ini, penulis berkesimpulan bahwa untuk mengajarkan akhlak pada peserta didik atau anak, seorang pendidik atau orang tua membutuhkan satu atau beberapa metode yang digunakan agar peserta didik memiliki watak atau berperilaku sesuai dengan apa yang diajarkan atau diharapkan oleh semua pendidik , yaitu memiliki akhlakul karimah sehingga membuat mereka tinggal dapat memberikan manfaat bagi dirinya sendiri maupun orang lain yang ada di sekitarnya.

Maka P2NP adalah sebuah cara atau metodologi cara bagaimana agar mampu dengan cepat tepat efektif menanamkan dan mengajarkan nilai nilai pancasila agar dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari hari berbangsa dan bernegara oleh siapa saja di mana saja kapan saja.

Timbulnya ide / gagasan Ilmu Pedoman Penanaman Nilai-Nilai Pancasila (P2NP) diawali dari sebuah perenungan  belum adanya cara yang tepat dan lebih baik dari pengajaran Pancasila di jaman soeharto yang diberi nama P4 ( Pedoman Penghayatan Pengamalan Pancasila ) maka dengan ditinggalkanya P4 yang mengakibatkan kurang faham dan mengertinya generasi melenia akan makna dan arti Pancasila dan tidak mampu lagi Mengaplikasikan Pancasila bahkan sudah banyak yang tidak hafal lagi sila sila Pancasila maka saya mencetuskan P2NP diharapkan Mampu Mengantikan dan menyempurnakan P4 zaman Soeharto sebagai cara dan metode Pembelajaran Pancasila di Indonesia bahkan di seluruh dunia dengan harapan Pancasila mampu menjadi panduan Hidup seluruh Bangsa bangsa di dunia amin..

 Dapat sedikit saya jelaskan bahwa P2NP adalah berasal dari sebuah perpaduan dari 12 Nilai-Nilai yang terdapat di dalam Pancasila yang berasal dari Ajaran Adat Istiadat dan Ajaran Luhur Agama dipadukan dengan ilmu pemahaman sistem yang digali dari Adat Istiadat dan sistem  yang diajarkan di dalam agama. Yang menghasilkan 60 indeks alat ukur manusia yang berjiwa Pancasila.

Dalam Pedoman Penanaman Nilai-Nilai Pancasila (P2NP) terdapat 5 budaya bangsa Pancasila:
1. Budaya Politik / Kecerdasan berlandaskanPancasila
2. Budaya Ekonomi berlandaskan Pancasila
3. Budaya Aqidah berlandaskanPancasila
4. Budaya Pertahanan dan Keamanan berlandaskanPancasila
5. Budaya Kepemimpinan berlandaskan Pancasila