sakti budi bakti

 

Para pembaca sekalian sering kita dengar dan mendapat pelajaran waktu masih di bangku SD dan SMP hingga SMA bahwa Kebutuhan pokok manusia adalah sandang papan dan pakaian serta rumah .

Sesuai dengan Prinsif kata dasar Kebutuhan dari Kata BUTUH atau Sangat membutuhkan atau sangat di butuhkan dan terpenting dalam kehidupan kita .

Ada pertanyaan yang harus kita jawab bersama apakah kita hanya butuh" sandang pangan pakaian dan rumah tinggal" apakah kita tidak butuh kesehatan, tidak butuh Tuhan dan lainmya ...?

Maka dalam tulisan ini dapat saya sampaikan beberapa kebutuhan pokok hidup manusia di bagi menjadi dua  yaitu  kebututuhan Material yang nampak dan non material yang tidak nampak sebagai berikut:

Kebutuhan non material antara lain:
1. Tuhan Yang Maha esa
2. Keselamatan
3. Kesehatan
4. Kebahagiaan
5. Kemerdekaan
6. Ilmu Pengetahuan
7. Kasih Sayang
8. Kedamaian
9. Ketentraman / keamanan
10. dst

Kebutuhan Material  antara lain:
1. Sandang / Pakaian
2. Tempat Tinggal / Rumah
3. Makan
4. Kendaraan
5. Uang
6. Emas
7. Dan Lain-lain

 

Maka efek dari ajaran bahwa kebutuhan pokok manusia hanya sandang, papan, pakaian dan rumah tinggal manusia kebanyakan terjerumus dalam faham materialisme dan kapitalisme jauh dari dari membutuhkan Tuhan dalam kehidupanya padahal dalam Pancasila sila pertama kita wajib bertuhan ( KETUHANAN YANG MAHA ESA )